what do you speak?


As Indonesian, of course saya biasa ngomong bahasa indonesia.hehe. Ke siapa saja. Ortu, guru, orang di jalan, customer service, de el el. Tapi, sejak saya bercita-cita berkelana suatu hari kelak entah ke negara mana, so saya mulai suka belajar bahasa. Bahasa Jowo (buat komunikasi ke temen2), inggris, perancis, jepang, arab. Tentu saja, bahasa Inggris paling saya kuasai.
Di friendster, facebook, bahasa yang saya pilih biasanya English. Termasuk di instruksi penggunaan alat elektronik...(ya pastilah, soalnya saya engga bisa baca huruf tamil or cina). hehe.
Kayanya saya sudah merasa aman dan nyaman sama pilihan 'available language' saya selama ini.

Sampe suatu hari saya nganter Vicky ke ATM.
Bareng Jasky, kita menepi di drive thru ATM.
Select language. English.
saya: dahsyat vick. pake inggris.
vq: ya iyalah. buat latihan.
saya: weks (baru sadar klo tiap ke ATM pilih bahasa indonesia. cos takut salah)

Berarti pilihan bahasa saya engga gitu sempurna.

Suatu minggu, saya coba otak-atik template. Pakai bahasa indonesia.
Satu kali coba, gagal. Dua, tiga en empat kali.
Saya ganti bahasa. English. Bah.
Langsung berhasil. Yiippiee!! :D

Rupanya bahasa inggris, for some purposes, lebih saya pahami daripada indonesia.
Titik. Engga usah pake debat.
hehehe






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar